Home / berita umum / Ada 5 Tersangka Yang Tertangkap OTT Di Jawa Timur

Ada 5 Tersangka Yang Tertangkap OTT Di Jawa Timur

Ada 5 Tersangka Yang Tertangkap OTT Di Jawa Timur – Operasi tangkap tangan (OTT) yang diselenggarakan KPK di Jawa Timur tidak sekedar menyeret Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Ada 5 tersangka yang lain yang tertangkap. Dua salah satunya yaitu Kakanwil Kemenag Jawa timur Haris Hasanudi serta Kepala Kemenag Kabupaten Gresik Muh Muafaq Wirahadi.

Jumat (15/3), KPK mengadakan OTT di Jawa Timur. Satu diantaranya yang terjebak yaitu Romahurmuziy. Dia disangka kerjakan pelanggaran berkenaan pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Pengisian jabatan itu untuk lokasi pusat serta daerah.

“Pengisian jabatan di Kemenag pusat serta daerah,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung ACLC, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

Menurut pihak KPK, ada 5 orang yang terjaring dalam OTT itu. Tidak hanya Romahurmuziy, KPK pun disangka sudah mengamankan Kakanwil Kemenag Jawa timur, Haris Hasanudin.

Mertua Haris yang adalah Ketua Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) untuk Jokowi-Ma’ruf, M Roziqi mengemukakan, sampai saat ini belumlah dapat mengabari menantunya.

“Oh iya jika itu menantu saya. Saya sendiri sampai saat ini kan komunikasi belumlah dapat,” kata Roziqi kala dilakukan konfirmasi di Surabaya.

Kala ditangkap KPK, nyatanya Haris baru 10 hari menjabat jadi Kakanwil.
Kepala Sub Sisi Info serta Humas Kanwil Kementerian Agama, Markus mengemukakan, Haris menjabat dengan cara definitif mulai sejak 5 Maret 2019 waktu lalu.

“Telah definitif tanggal 5 Maret terus, 10 hari bermakna sampai saat ini. Pjnya mulai Oktober 2018,” kata Markus, Jumat (5/3/2019).

Kala di tanya apa sudah ketahui terkait penangkapan Kakanwil Kemenag Jawa timur Haris Hasanudin oleh KPK, Makrus menyatakan bila pihaknya tetap tunggu info sah KPK.

“Ada info sah dari KPK. Nah dengan cara kelembagaan, namun kami belumlah dapat perlihatkan apa beliau benar diamankan ataukah tidak. KPK telah mengemukakan ataukah tidak, kami belum pula tahu. Kelak kan ada surat sah ke kita,” papar Markus.

Sebelum diamankan oleh KPK, menurut Markus, Haris nampak ikuti acara olah-raga serta kerja bakti di Kantor Kanwil Kemenag Jawa timur Jalan Raya Juanda Lama Sidoarjo.

“Pagi barusan kegiatannya ikuti olah-raga di Kanwil Kemenag Jawa timur. Kemudian saya tidak paham, paling akhir jam 11 tidak dapat dihubungi. Maka dari itu kita tengah mencari info,” pungkas Markus.

About admin