Home / berita umum / Jemaah Batal Pergi Karna Masalah Visa

Jemaah Batal Pergi Karna Masalah Visa

Jemaah Batal Pergi Karna Masalah Visa – Abu Tours memberangkatkan 424 orang jemaah umrah asal Makassar ke Arab Saudi. Terlebih dulu, mereka batal pergi karna masalah visa.

” Terlebih dulu memanglah cuma ada 300-an (jemaah) saja, tapi ada menambahkan dari pihak Abu Tours, keseluruhan yg pergi hari ini ada 424 jemaah. Pesawatnya masih tetap yg tempo hari, karna tiketnya tidak hangus, ” kata satu diantara jemaah Ahmad Alqadri di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (31/3/2018) .

Ahmad menyebutkan beberapa jemaah mesti menaikkan uang pembayaran sesuai sama paket yg diambil. Dia menyebutkan beberapa jemaah juga akan lakukan umrah sepanjang 10 hari di Arab Saudi.

Dia menyebutkan pada pemberangkatan kesempatan ini tidak ada hambatan yg dihadapi. Petugas Abu Tours memberi paspor, visa, serta ticket pada beberapa jemaah selagi di Bandara Sultan Hasanuddin.

Pada Rabu (28/3) tempo hari, calon jemaah mesti kecewa karna keberangkatan mereka batal. Sebab, visa mereka datang terlambat.

Saat itu, salah seseorang jemaah asal Palu, Sulawesi Tengah, Hasmawati, terasa begitu kecewa atas service Abu Tours. Dia terlebih dulu dijanjikan pergi ke Arab Saudi pada 15 Maret saat kemarin.

Kementerian Agama (Kemenag) sendiri sebenarnya telah mencabut izin Abu Tours. Pencabutan ini menyusul terbitnya regulasi baru berkaitan penyelenggaraan umrah yakni Ketetapan Menteri Agama (PMA) 8/2018 perihal Penyelenggaraan Perjalanan Beribadah Umrah.

Terkecuali Abu Tours, Kemenag mencabut izin 3 penyelenggara perjalanan beribadah umrah (PPIU) yang lain. Ketiganya yaitu Jalan keluar Balad Lumampah (SBL) di Bandung, Mustaqbal Prima Wisata di Cirebon, serta Interculture Tourindo di Jakarta.

” SK pencabutan sudah di sampaikan pada semasing pihak lewat Kanwil Kemenag setempat, ” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji serta Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar Ali seperti diliat di website resmi Kemenag, Selasa (27/3/2018) .

Izin Abu Tours, SBL, serta Mustaqbal Prima Wisata dicabut karna sudah dapat dibuktikan tidak berhasil memberangkatkan jemaah. Sedangkan Interculture dicabut karna tak akan mempunyai kekuatan finansial jadi penyelenggara perjalanan beribadah umrah sesudah bank garansinya diambil alih pihak kepolisian berkaitan masalah First Travel (FT) . Interculture yaitu biro umrah yg berafiliasi dengan FT.

Kemenag Sulses memanglah memperbolehkan Abu Tours memberangkatkan calon jemaah umrah. Cuma saja, Abu Tours tidak bisa memanfaatkan nama instansi itu. Abu Tours mesti bekerja bersama dengan partner beda.

” Kemenag sudah mencabut izin Abu Tours, karenanya Abu Tours tidak bisa memberangkatkan jemaah atas nama Abu Tours. Abu Tours mesti bersinergi dengan partner beda seandainya menginginkan memberangkatkan beberapa ribu jemaahnya, ” tutur Kepala Kantor Kemenag Sulawesi Selatan (Sulsel) Abdul Wahid Thahir di kantor Kemenag Sulsel, Jalan Nuri, Makassar, Rabu (28/3/2018) .

About admin