Home / Teknologi / Youtuber Yg Punya 1000 Pengikut Jadi Incaran Siber

Youtuber Yg Punya 1000 Pengikut Jadi Incaran Siber

Youtuber Yg Punya 1000 Pengikut Jadi Incaran Siber – Analisis yang dikerjakan Kaspersky Lab temukan waktu ini aktor kejahatan siber mulai mengarah pembuat conten YouTube (YouTuber) untuk kerjakan penipuan melalui pengiriman pemberitahuan palsu. Modus kejahatan ini mengarah pembuat conten yang menentukan aliran (kanal) lebih dari 1.000 pengikut (subscriber).

“Team kami sudah mengevaluasi aliran Anda. Kami menemukan ada lebih dari satu pelanggaran dalam proses inspeksi account Anda,” tuliskan pemberitahuan yang diantar aktor ke korbannya.

Untuk memperdayai korban, aktor bakal menempatkan diri seolah-olah mereka dari YouTube.

Seperti bentuk penipuan lain, aktor bakal minta link URL serta kata sandi account korban. Kedepannya korban bakal disuruh lengkapi data serta mengirimkannya kembali lewat surel (e mail).

YouTuber yang terserang resiko mengatakan terima surel dari orang yang tidak diketahui serta bukan ke alamat surel yang dimanfaatkan untuk masukkan tautan ke aliran YouTube punya dia.

Seusai semua data diraih, aktor bakal ambil alih untuk kerjakan penipuan terhadap beberapa pengikut aliran Anda.

YouTuber Tesla Joy dalam cuitannya yang sudah dihapus sudah sempat berikan ultimatum terhadap sama-sama pembuat conten untuk meremehkan e mail dari editor.monetized@gmail.com. Dia terima e mail phising yang minta kata sandi aliran isinya.

“Memohon tag orang yang Anda kenal. Ini hari saya memperoleh e-mail phishing selanjutnya, dari editor.monetized.channel@gmail.com yang minta kata sandi. JANGAN HIRAUKAN LAPORKAN,” tuliskan Joy dalam cuitannya.

Untuk hindari perbuatan phising, Kaspersky Lab beragam tehnik seperti berikut:

– Ingat tetap kalau YouTube tak pernah minta kata sandi surel pemakainya.
– Baca dengan jeli serta cek semua pesan sebelum berkirim balasan ke pengirim.
– Aktifkan otentifikasi dua hal untuk semua service Google, termasuk juga YouTube.

About admin